LOAD BALANCING UNTUK MENGATASI BEBAN SERVER

LOAD BALANCING UNTUK MENGATASI BEBAN SERVER -
LOAD BALANCING UNTUK MENGATASI BEBAN SERVERLoad Balancing adalah proses pendistribusian beban terhadap sebuah servis yang ada pada sekumpulan server atau perangkat jaringan ketika ada permintaan dari pemakai. Ketika banyak permintaan dari pemakai maka server tersebut akan terbebani karena harus melakukan proses pelayanan terhadap permintaan pemakai.

Solusi yang cukup bermanfat adalah dengan membagi-bagi beban yang datang ke beberapa server, Jadi tidak berpusat ke salah satu perangkat jaringan saja. Teknologi itulah yang disebut Teknologi Load Balancing.




Dengan Teknologi Load`Balancing maka dapat diperoleh keuntungan seperti menjamin reabilitas servis, availabilitas dan skalabilitas suatu jaringan.

Definisi lain load balancing, 

Load balance adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Selama ini banyak dari kita yang beranggapan salah, bahwa dengan menggunakan loadbalance dua jalur koneksi , maka besar bandwidth yang akan kita dapatkan menjadi dua kali lipat dari bandwidth sebelum menggunakan loadbalance (akumulasi dari kedua bandwidth tersebut). Hal ini perlu kita perjelas dahulu, bahwa loadbalance tidak akan menambah besar bandwidth yang kita peroleh, tetapi hanya bertugas untuk membagi trafik dari kedua bandwidth tersebut agar dapat terpakai secara seimbang. 

Dengan artikel ini, kita akan membuktikan bahwa dalam penggunaan loadbalancing tidak seperti rumus matematika 512 + 256 = 768, akan tetapi 512 + 256 = 512 + 256, atau 512 + 256 = 256 + 256 + 256.

LOAD BALANCING UNTUK MENGATASI BEBAN SERVER


Load Blancing Router, kita bisa menggunakan beberapa alternatif sperti
  1. Mikrotik --> RouterOS, Router Board
  2. TP LINK Load Balance Broadband Router --> TL-ER5120, TL-R470T+, TL-R480T+
  3. Windows Server --> Windows 2000, Windows Server 2003

Teknis detail implemantasi dan pengoperasian nya silahkan ber gogling..
Tunggu kami di artikel berikutnya Load Balancing

Posted by: WAYANK COMPUTER, Updated at: 02.41